Sabtu, 13 Agustus 2016

Tinjauan Umum Khusus Pantai PANDAWA - Bali

BAB II
TINJAUAN UMUM
A.      Sejarah Pantai Pandawa Bal
Seperi sudah wisatalicious sebut di atas, nama pantai pandawa megandung makna tersendiri terkait sejarah pantai ini. Sebelum menjadi buah bibir seperti saat ini, pantai pandawa merupakan pantai yang indah dan alami, namun tersembunyi. Julukan secret beach sangat sesuai untuk pantai ini kala itu. Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya hanya tahu mengenai pantai ini dari mulut ke mulut. Ditambah, akses masuk ke pantai ini terbilang sulit
Nama asli dari pantai pendawa ini adalah pantai melasti. Dahulunya di pantai pandawa ini sering diadakan upacara Melasti, yang merupakan bagian dari upacara hari raya Nyepi bagi umat Hindu. Pada upacara ini, umat Hindu akan bersembahyang di tepi pantai dengan tujuan untuk mensucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu
Memang, salah satu hal yang menarik setiap berkunjung ke pantai di Bali adalah sobat bisa melihat langsung betapa kuatnya budaya Hindu dan bagaimana mereka menjaga tradisi tersebut dengan baik. Lewat kekuatan budaya inilah akhirnya Bali menjadi tujuan wisata dunia seperti saat ini. Berbicara tentang pantai indah di Bali dengan nilai budaya yang juga masih kental terasa sobat harus datang ke Uluwatu. di sana ada pantai dengan pura di atas tebing.
Kembali ke sejarah pantai pantai pandawa, pada sekitar tahun 2010, wisatawan terutama asing, semakin penasaran dengan secret beach ini, karena di samping tempatnya yang masih alami, dan pasir putihnya yang halus, ombak pantai ini juga cocok untuk berselancar atau surfing.
Akhirnya Pada tahun 2012 tepatnya tanggal 27 Desember diadakanlah Pandawa Beach Festival yang Pertama di Pantai Melasti atau Secreet Beach saat itu juga pantai ini resmi berganti nama dengan Nama PANTAI PANDAWA, yang melambangkan sebuah filosofi seperti pandawa yang sudah disebut di atas. Pemerintah juga membuatkan jalan yang baik agar orang bisa dengan mudah dating ke pantai ini. Benar-benar sesuai dengan filosofi pandawa yang harus membuat terowongan untuk membuat kerajaan baru.

B.       Lokasi Pantai
Dimana lokasi Pantai Pandawa? Pantai Pandawa dulunya disebut sebagai secret beach oleh para wisatawan karena lokasinya berada di belakang dua tebing yang membelah jalan menuju ke Pantai. Pantai Pandawa berlokasi di Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Transportasi
Bagaimana menuju Pantai Pandawa? untuk menuju Pantai Pandawa sebaiknya anda menggunakan kendaraan sendiri, menggunakan jasa travel, taksi atau sewa kendaraan karena tranportasi umum agak sulit. Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari Bandara Ngurah Rai.

Dari kuta/Denpasar anda ambil jalan menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK) setelah itu 1 km dari GWK belok kiri menuju Nusa Dua/Bali Cliff ikuti saja jalannya hingga ada pertigaan dengan rambu jalan/petunjuk arah yang bertuliskan Pantai Pandawa belok kiri ikuti jalan tersebut hingga perempatan kemudian belok kanan sampai tiba di Pantai Pandawa. Jika anda bingung sebaiknya bertanya ke warga setempat.

Kegiatan

Kegiatan apa yang bisa anda lakukan di Pantai Pandawa? Anda bisa bersantai, berenang maupun sekedar berjemur di Pantai, selain itu bagi anda yang suka olahraga air anda bisa menyewa kano dengan harga sewa Rp. 15.000, bagi anda yang takut tenggelam sudah tersedia jaket pelampung untuk anda. 

Oh ya, pantai pandawa juga merupakan tempat budidaya rumput laut di Bali, pada sore hari anda dapat melihat nelayan mengumpulkan rumput laut yang dibawa ombak ke pantai untuk kemudian dijadikan makanan atau dijual.

Harga Tiket 

Berapa harga tiket masuk Pantai Pandawa? untuk menikmati pantai yang indah ini biayanya cukup murah, anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 2.000 per orang dan untuk turis asing Rp. 5.000. 
Akomodasi
Untuk penginapan atau hotel tersedia di Pantai Pandawa atau anda juga bisa memesan hotel di sekitar Uluwatu atau Nusa Dua dan untuk makan juga tidak perlu khawatir sudah pasti tersedia berbagai makanan disini atau jika anda ingin membeli oleh-oleh kerajinan tangan juga tersedia









BAB III
TINJAUAN KHUSUS

A.      KEISTIMEWAAN PANTAI PANDAWA
Selain menyajikan beragam patung yang unik, Pantai Pandawa juga menghadirkan pesona pantai yang tak membosankan. Dikawasan menuju pantai, pengunjung akan disuguhkan dengan tebing kapur yang dipapas tegak, dan sebagain berundak di sisi jalan. Di sekitar 1,5 km dari pantai, pengunjung akan kembali disuguhkan dengan pagar tebing dari batu kapur yang menjulang tinggi, yang menambah pesona keindahan pantai ini. jalan tersebut sengaja dibuat dengan membelah bukit bukit kapur yang ada di desa Kutuh, sekilas mirip sekali dengan bukit kapur yang dibelah di Garuda Wisnu Kencana (GWK). Semakin dekat ke pantai, pengunjung akan melihat lubang dan ukiran yang indah pada tebing di sekitar pantai ini. Di lubang tersebut terdapat kelima tokoh Pandawa berada. Mereka yaitu Yudhistira (Puntadewa), Bima (Werkudara), Arjuna (Janaka), Nakula dan Sadewa.
Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan, cocok sekali untuk dijadikan tempat yang romantis bersama pasangan. Suasana yang sepi dan tenang sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati indahnya alam pantai. Bahkan tak jarang beberapa sinetron FTV mengambil shoting di tempat ini. Pantai Pandawa merupakan salah satu objek wisata unggulan yang ada di Bali, selain pantai Kuta dan Sanur yang patut dikunjungi oleh wisatawan.

B.       BERWISATA KE PANTAI PANDAWA
Banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berwisata ke pantai pandawa ini. Pertama tentu saja pengalaman menarik saat menyusuri tebing sepanjang alan menuju pantai. Kemudian berhenti dan berfoto dengan patung pandawa lima.
Saat tiba di pantai, sobat akan bisa bersantai dan menikmati lembutnya pasir putih,langit biru dan angina yang sejuk. Sobat bisa menyewa kursi untuk berjemur berserta payung dengan harga Rp 50.000 saja tanpa batas waktu penggunaan. Setelah sejenak bersantai sobat bisa menikmati beragam aktifitas air di pantai ini.
Pantai ini ombaknya cukup tenang sehingga cocok untuk berenang. Di pantai ini juga tersedia jasa sewa kano. Untuk penyewaan 1 kano sobat akan dikenakan biaya Rp 50.000/jam sudah termasuk jaket pelampung. Satu kano bisa dinaiki 2 orang.
Di sisi pantai pendawa bagian timur merupakan favorit bagi para peselancar, jika sobat ingin mencoba olah raga ini, sobat bisa ke lokasi pantai pendawa bagian ini.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.idtempatwisata.com/2014/11/pantai-pandawa-bali-tempat-wisata.html
http://indonesiaexplorer.net/pesona-pantai-pandawa-di-bali-selatan.html

http://wisatalicious.com/pantai-pandawa-bali-pantai-tersembunyi-di-balik-tebing-dan-filosofi-pandawa-lima/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar